Welcome to the Xencelabs website

Select country or region to browse the content that applies to your location.

Select country

Review Xencelabs Pen Tablet Medium Bundle: Lengkap dengan Quick Keys

03/14/2022


Xencelabs meluncurkan perangkat drawing tablet atau juga biasa disebut dengan pen tablet atau graphics tablet antara lain melalui Pen Tablet Medium Bundle. Perangkat yang ditujukan bagi pekerja kreatif, seperti desainer grafis dan graphic artist ini hadir dalam beberapa varian. Versi Medium Bundle yang kami uji merupakan versi lebih lengkap dibanding versi standar.

Versi Medium Bundle menyediakan berbagai aksesori pendukung dalam paketnya, di antaranya perangkat Quick Keys dan satu pen case (kotak) yang di dalamnya berisi dua stylus (pena digital), total sepuluh nibs (mata pena digital), adaptor USB Standard-A to USB Type-C, dongle Bluetooth, serta nib extracting ring yang berguna untuk memudahkan mencabut dan mengganti mata stylus. Sebagai tambahan disertakan pula kabel USB Standard-A to USB Type-C, kabel L USB Standard-A to USB Type-C, serta sarung tangan untuk kenyamanan tangan saat menggambar.

Active area-nya memiliki bidang gambar dengan rasio aspek 16:9, sehingga diklaim dapat menampilkan gambar secara akurat pada sebagian besar monitor yang lazim digunakan saat ini.

Drawing tablet-nya sendiri memiliki ukuran panjang 32,05 cm dan lebar 23,285 cm dengan ketebalan 0,8 cm. Sementara, active area atau area yang bisa digunakan seluas 26,24 x 14,74 cm dengan rasio aspek 16:9. Rasio aspek ini mampu menampilkan gambar secara akurat pada sebagian besar monitor yang lazim digunakan sekarang.

Pada sisi atasnya terdapat tiga tombol shortcut. Secara default, tombol kiri untuk menjalankan peranti lunak Xencelabs, tombol tengah untuk mengatur tekanan pada stylus, serta tombol kanan untuk berpindah layar. Namun, Anda bisa mengubah fungsi tersebut sesuai dengan pilihan yang ada melalui peranti lunak Xencelabs yang mesti diunduh dulu melalui situs resminya.

Secara fisik, landasan drawing tablet-nya dibuat agak melengkung pada sisi bawahnya guna menambah kenyamanan tangan saat bersandar. Untuk estetika, tiap ujung pada active area terdapat lampu LED dengan warna yang bisa diganti.

Disertakannya dua jenis stylus memudahkan Anda dalam menggambar dengan goresan tebal ataupun tipis.

Perangkat ini mendukung koneksi kabel dan nirkabel. Koneksi kabel memanfaatkan porta USB Standard-A dan untuk koneksi nirkabelnya menggunakan Bluetooth melalui dongle yang disertakan. Dukungan dua koneksi ini tidak pada drawing tablet saja, melainkan juga termasuk Quick Keys-nya.

Dengan dukungan nirkabel, drawing tablet dilengkapi baterai yang bisa bertahan sampai 16 jam. Untuk mengisi daya baterai, Anda cukup memasang kabel USB dan pengisian energi baterai berlangsung dalam waktu sekitar 2,5 jam. Sementara, baterai Quick Keys-nya diklaim mampu bertahan antara 25 sampai 53 jam dengan pengisian energi baterai sampai penuh dalam waktu 1,5 jam saja.

Quick Keys dibekali panel OLED dan tombol pengaturan fisik yang bisa membuat sampai empat puluh shortcut per aplikasi dan kumpulan fungsi lainnya, seperti membuat sketsa, mewarnai, dan menyunting.

Hadirnya Quick Keys memang jadi pembeda dibanding versi standar. Aksesori ini memiliki beberapa tombol shortcut serta satu tombol putar yang memudahkan Anda menjalankan suatu fungsi ketika sedang menggambar. Dengannya, Anda misalnya bisa menggambar dengan tangan kiri dan pengendalian Quick Keys menggunakan tangan kanan.

Ada delapan tombol, masing-masing dengan fungsi default berbeda; yakni undo, redo, copy, paste, shift, control, alt, dan space. Fungsi pada tombol tersebut bisa diubah melalui peranti lunak Xencelabs. Menariknya, Quick Keys ini tidak hanya bisa digunakan pada aplikasi penyuntingan saja, melainkan juga ketika menjalankan aplikasi lain. Misalnya pada Microsoft Word; fungsi undo, redo, copy, dan paste; bisa dilakukan hanya dengan menekan tombol yang ada pada Quick Keys. Begitu pula dengan tombol putar, yang pada aplikasi penyunting memiliki fungsi untuk melakukan scroll, zoom, rotate, serta mengatur brush size.

Dalam Pen Case terdapat dua stylus (2-button thin pen dan 3-button pen), dua jenis nibs untuk masing-masing stylus, nib ring, dongle Bluetooh, dan adaptor USB Standard-A to USB Ttype-C.

Seperti disebut sebelumnya, paket Xencelabs Pen Tablet Medium Bundle menyertakan 2 stylus yang terdiri dari 3-button pen dan 2-button thin pen. Stylus yang memiliki tiga tombol bisa digunakan untuk menggambar atau melukis yang membutuhkan goresan tebal, sedangkan stylus yang memiliki dua tombol untuk menulis atau menggambar dengan goresan tipis.

Ujung atas stylus-nya sama-sama memiliki fungsi sebagai eraser (penghapus). Untuk 3-button pen, masing-masing tombol memiliki fungsi sebagai klik kanan, klik ganda, dan undo. Sementara 2-button thin pen, masing-masing tombol memiliki fungsi untuk klik kanan dan klik ganda, tanpa fungsi undo.

Kedua stylus tersebut memiliki pressure level sebanyak 8.192. Makin tinggi atau banyak levelnya, akan membuat lebih banyak variasi tekanan yang bisa dilakukan. Stylus-nya sendiri dirancang agar bisa digunakan sampai kemiringan 60° sehingga makin nyaman saat digunakan.

Peranti lunak Xencelabs memungkinkan Anda mengubah ataupun mengganti tombol fungsi yang terdapat pada drawing tablet, Quick Keys, serta dua stylus yang ada.

Kenyamanan pun penulis rasakan saat menggunakan Xencelabs Pen Tablet Medium Bundle dalam menggambar maupun membuat coretan memanfaatkan stylus-nya. Begitu pula akurasinya; penulis merasakan akurasi yang tinggi. Menggambar dan menulis pada Xencelabs Pen Tablet Medium Bundle layaknya menggunakan pena di atas kertas.

Kesimpulan

Xencelabs Pen Tablet Medium Bundle menawarkan satu paket drawing tablet lengkap bagi profesional yang berkutat pada bidang desain. Punya performa ciamik serta akurasi tinggi saat menggambar, drawing tablet ini juga menawarkan pengoperasian yang mudah, semudah menggambar di atas kertas. Tambahan ragam aksesori serta Quick Keys jadi nilai tambah yang menyenangkan, apalagi dengan tombol fungsinya yang bisa diubah sesuai kenyamanan Anda.

Plus: Build quality bagus, akurasi tinggi dan tanpa jeda, dilengkapi Quick Keys, fungsi tombol bisa diubah, ada dua tipe stylus, dukung koneksi kabel dan nirkabel.

Minus: Peranti lunak Xencelabs mesti diunduh dulu.


Link to Article Source